Search

Viral Sepekan: Hoaks Pinjaman untuk Pengemudi Gojek | Kades Sumbangkan Gaji untuk Tangani Covid-19 - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Berbagai informasi viral yang beredar di media sosial pada sepekan terakhir masih seputar dinamika perkembangan wabah virus corona di Tanah Air.

Sejak dikonfirmasi pada 2 Maret 2020, kasus infeksi virus corona jenis baru penyebab Covid-19 di Indonesia terus bertambah.

Tim cek fakta Kompas.com mengonfirmasi sejumlah informasi yang viral dalam sepekan ini. Ada yang hoaks, ada pula yang masuk kategori misinformasi.

Berikut beberapa informasi viral yang beredar dalam sepekan ini:

1. Hoaks, pinjaman Rp 2 juta untuk pengemudi Gojek

Sebuah gambar menampilkan pesan bahwa Gojek memberikan pinjaman dana sebesar Rp 2 juta untuk para mitra pengemudinya agar tetap di rumah, beredar di media sosial pada Senin (23/3/2020).

Pesan itu mencatut Gojek Indonesia.

Mengonfirmasi hal itu, Chief Corporate Affairs Gojek Indonesia, Nila Marita menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar.

Ia menjelaskan bahwa Gojek memang memberikan dukungan kepada driver dengan skema berupa bantuan pendapatan untuk pengemudi yang didiagnosis positif Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan pihak Gojek Indonesia pada 17 Maret 2020 lalu.

Simak penjelasan Gojek selengkapnya di sini:

Hoaks, Pinjaman Rp 2 Juta untuk Pengemudi Gojek agar Tetap di Rumah

2. Lima kecamatan di Lampung berstatus "zona merah"

Beredar pesan yang menyebutkan sejumlah daerah di lampung sudah berstatus zona merah atau red zone pada Senin (23/3/2020).

Pesan yang beredar disertai foto yang bertuliskan empat kecamatan yang berstatus zona merah yakni Kecamatan Langkapura, Kecamatan Kedaton, Kecamatan Kemiling, Kecamatan Teluk Betung Selatan, dan Kecamatan Sukarame.

Let's block ads! (Why?)



"viral" - Google Berita
March 29, 2020 at 09:04PM
https://ift.tt/3dGY76C

Viral Sepekan: Hoaks Pinjaman untuk Pengemudi Gojek | Kades Sumbangkan Gaji untuk Tangani Covid-19 - Kompas.com - KOMPAS.com
"viral" - Google Berita
https://ift.tt/31KOwoV

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral Sepekan: Hoaks Pinjaman untuk Pengemudi Gojek | Kades Sumbangkan Gaji untuk Tangani Covid-19 - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.