Search

Viral, Foto Alcohol Swab untuk Membersihkan Ponsel dan Alat Makan dari Virus Corona - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Sebuah foto menampilkan tangkapan layar bernarasi alcohol swab digunakan untuk membersihkan layar ponsel dan alat makan beredar di media sosial Twitter pada Jumat (20/3/2020).

Foto tersebut diunggah oleh pengguna Twitter, @wencod.

Baca juga: Virus Corona Mewabah, Penerimaan Polri 2020 Diundur Dua Pekan, Simak Informasi Lengkapnya...

Awalnya, foto tersebut merupakan fitur story yang menampakkan beberapa kotak alcohol swab dan berisi keterangan, alcohol swab bisa digunakan untuk membersihkan layar ponsel dan alat makan, serta dinilai barang tersebut sedang dicari masyarakat.

"Ini tissue alcohol, bisa buat clean n wipe hp. Kita kan intens banget main Hhp ya, kita beli hand sanitizer cuma bersihin tangan kita, tapi ga hp kita kan. Aku jual 45rb 1 box isi 100. Nanti ini bakalan tinggi juga harganya pasti seperti masker, yang mau bisa langsung transfer ya, no booked. Karena ini barang cepet habis," tulis keterangan dalam foto.

Kemudian, keterangan itu ditambahi dengan penjelasan bahwa alcohol swab tidak diperuntukkan untuk membersihkan layar ponsel dan alat makan.

Hingga kini, twit tersebut telah diretwit sebanyak 7.200 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 5.400 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Cara Baru Korea Selatan Tes Corona, Gunakan Bilik Telepon

Penjelasan farmakologi

Ketua Departemen Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, PhD mengungkapkan, alcohol swab tidak disarankan untuk membersihkan alat makan.

Ia menjelaskan, kandungan alkohol pada alcohol swab tidak boleh terminum/termakan, karena dapat menyebabkan alergi.

"Ini kandungannya biasanya isopropyl alcohol pada kasa katun untuk membersihkan daerah kulit yang akan dilakukan injeksi atau pemasangan infus," ujar Wawaimuli saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (21/3/2020).

"Isopropyl alcohol tidak boleh terminum/termakan, risikonya seperti keracunan alkohol pada umumnya, misal mual muntah, pusing. Jadi, dikhawatrkan akan tertelan bila digunakan pada alat makan," lanjut dia.

Let's block ads! (Why?)



"viral" - Google Berita
March 21, 2020 at 03:05PM
https://ift.tt/2UqzulF

Viral, Foto Alcohol Swab untuk Membersihkan Ponsel dan Alat Makan dari Virus Corona - Kompas.com - KOMPAS.com
"viral" - Google Berita
https://ift.tt/31KOwoV

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral, Foto Alcohol Swab untuk Membersihkan Ponsel dan Alat Makan dari Virus Corona - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.