Search

Curhatan Pasien Corona Covid-19 Viral, Apa Kata Kemenkes? - Suara.com

Suara.com - Curhatan Pasien Covid-19 Viral, Apa Kata Kemenkes?

Dua warga Depok, Jawa Barat, dipastikan positif virus Corona Covid-19 dan menjalani perawatan di ruang isolasi RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso. Setelahnya publik kemudian dihebohkan dengan curhatan pasien lewat media sosial WhatsApp.

Lantas publik banyak yang mempertanyakan, mengapa pasien tersebut bisa memegang handphone di saat yang bersamaan ia sedang diisolasi?

Sekretaris Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Setditjen P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menegaskan pihaknya hanyalah mengisolasi fisik, bukan aktivitas sosialnya. Sehingga, tidak ada larangan bagi mereka yang diisolasi bermain handphone atau media sosial.

"Bahwa isolasi ini adalah isolasi fisik, agar tidak terjadi kontak dengan orang lain. Bukan isolasi sosial," ujar Yuri di Kemenkes, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2020).

Pelajaran ini didapat Yuri dan Kemenkes setelah menangani observasi 14 hari WNI asal Wuhan di Natuna, Kepulauan Riau. Banyak orang tua yang mengaku kehilangan kontak setelah anaknya tiba di tanah air.

Juru Bicara Penanganan virus Corona alias COVID-19, Achmad Yurianto (kanan). (Suara.com/Welly H).
Juru Bicara Penanganan virus Corona alias COVID-19, Achmad Yurianto (kanan). (Suara.com/Welly H).

"Di Natuna pertama kedua banyak sekali orang-orang, yang sebelum berangkat ke Indonesia bisa dihubungi, tapi sampai di Indonesia hilang kabarnya," cerita Yuri.

"Bahkan ada laporan tetap sehat semuanya, baru saya menyadari bahwa mereka tidak punya GSM di Indonesia, makanya saya carikan semuanya, kemudian bisa berkomunikasi," sambungnya.

Sehingga pemerintah memperbolehkan mereka yang diisolasi ini membawa handphone untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-temannya. Langkah itu juga sudah dilakukan Kemenkes untuk para ABK yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess dan World Dream.

"Karena itu pembelajaran juga bagi PR kita sehingga ABK yang sekarang di sebaru, datang langsung kita kasih GSM Indonesia," tutupnya.

Let's block ads! (Why?)



"viral" - Google Berita
March 03, 2020 at 07:02PM
https://ift.tt/2Ti0IeM

Curhatan Pasien Corona Covid-19 Viral, Apa Kata Kemenkes? - Suara.com
"viral" - Google Berita
https://ift.tt/31KOwoV

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Curhatan Pasien Corona Covid-19 Viral, Apa Kata Kemenkes? - Suara.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.