Search

Viral #BroomChallenge, NASA Jelaskan Trik Sapu Berdiri - Cek Fakta Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah tantangan viral terbaru di Twitter mendorong orang-orang untuk menyeimbangkan sapu agar tegak untuk membuktikan tarikan gravitasi unik yang terjadi pada 10 Februari.

Namun, tweet yang memicu #BroomChallenge itu - yang mengklaim bahwa NASA memberikan dasar ilmiah untuk tindakan penyeimbangan - telah terbukti merupakan sebuah hoaks.

"Oke, jadi NASA mengatakan hari ini adalah satu-satunya hari sebuah sapu dapat berdiri sendiri karena tarikan gravitasi," tulis pengguna Twitter @mikaiylaaaaa, bersama video dirinya menyeimbangkan sapu.

Tweet itu, yang telah menerima lebih dari 250 ribu likes, mengilhami ribuan orang untuk mengunggah video mereka melakukan tindakan penyeimbangan sapu.

Bagaimanapun, landasan kesimpulan aksi dari tarikan gravitasi yang tidak biasa pada 10 Februari itu adalah salah dan NASA ingin meluruskannya.

"Ini adalah tipuan media sosial yang menggambarkan seberapa cepat pseudosain dan klaim palsu bisa menjadi viral," kata NASA dalam sebuah pernyataan yang diemailkan ke Insider.

"Walaupun tipuan ini tidak berbahaya, itu juga menunjukkan mengapa penting bagi kita semua untuk melakukan pengecekan fakta dan penelitian - termasuk memeriksa bersama @NASA dan NASA.gov untuk fakta-fakta menyenangkan sains yang sesungguhnya - sebelum melompat ke kegilaan viral terbaru."

NASA mengambil kesempatan untuk mendidik di platform yang menginspirasi tantangan viral itu. Akun Twitter NASA menampilkan video astronot Drew Alvin dan ilmuwan Sarah Noble mendemonstrasikan tantangan itu pada 11 Februari, setelah hari tarikan gravitasi khusus yang memungkinkan sapu untuk berdiri tegak.

"Fisika dasar bekerja setiap hari sepanjang tahun - bukan hanya 10 Februari," tulis tweet itu. Tweet ini telah menerima hampir 4.000 likes dalam waktu satu jam setelah dikirim.

SCIENCE ALERT | BUSINESS INSIDER NASA

Let's block ads! (Why?)



"viral" - Google Berita
February 13, 2020 at 01:11PM
https://ift.tt/2ORf0jZ

Viral #BroomChallenge, NASA Jelaskan Trik Sapu Berdiri - Cek Fakta Tempo
"viral" - Google Berita
https://ift.tt/31KOwoV

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral #BroomChallenge, NASA Jelaskan Trik Sapu Berdiri - Cek Fakta Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.