Search

[Cek Fakta] Video Viral Longsor Hari Ini di Cigudeg Ternyata Hoaks - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah video longsor berdurasi kurang lebih 30 detik pada hari ini, Senin (6/1/2020). Video tersebut tersebar di grup-grup WhatsApp.

"Dari group sebelah, hari ini Cigudeg Bogor," tulis keterangan yang menyertai tersebarnya video.

[Cek Fakta] Viral Video Longsor Hari Ini di Cigudeg, Fakta atau Hoaks?

Dalam video itu terlihat longsor yang cukup parah. Longsor itu pun seperti banjir dan menghanyutkan rumah-rumah warga.

Orang yang mengambil video pun terdengar berteriak. "Ya Allah, yaa Allah, astaghfirullahal adzim."

Tak hanya itu, terdengar juga teriakan-teriakan warga.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba mencari tahu kebenaran dari video tersebut. Rupanya, video longsor itu bukan diambil atau bukan terjadi pada hari ini.

Lokasi yang disebutkan dalam penyebaran video pun bukan di Cigudeg, Bogor, Jawa Barat, melainkan di aliran Sungai Ci Durian yang melalui Kecamatan Curug Bitung dan Kecamatan Maja.

Hal tersebut seperti konfirmasi langsung yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui laman resminya www.bnpb.go.id.

Tulisan tersebut berjudul Konfirmasi Video Berdurasi 29 Detik adalah Fenomena Pergerakan Tanah di Sungai Ci Durian yang ditulis hari ini, Senin (6/1/2020).

[Cek Fakta] Viral Video Longsor Hari Ini di Cigudeg, Fakta atau Hoaks?

"JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) menkonfirmasi bahwa video berdurasi 29 detik yang beredar pada hari Senin (6/1) menampilkan fenomena pergerakan tanah lumpur adalah peristiwa yang terjadi di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan sumber yang diterima dari Bupati Kabupaten Lebak, peristiwa tersebut terjadi di aliran Sungai Ci Durian yang melalui Kecamatan Curug Bitung dan Kecamatan Maja. Sungai Ci Durian merupakan sungai yang mengalir dari Pegunungan Halimun melewati Kabupaten Bogor dan Banten kemudian bermuara di Laut Jawa.

Oleh karena itu masyarakat dihimbau agar miningkatkan kewaspadaan dan mengungsi ke tempat yang lebih aman, terutama bagi yang tinggal di Kecamatan Curugbitung, atau kawasan yang dilalui sungai Ci Durian.

Agus Wibowo

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB," tulis BNPB.

Selain itu, akun Instagram @warung_jurnalis juga menuliskan video yang tersebar hari ini adalah hoaks.

[Cek Fakta] Viral Video Longsor Hari Ini di Cigudeg, Fakta atau Hoaks?

"HOAKS .Beredar Video Longsor Susulan di Sukajaya yang terjadi pada hari ini Senin 6 Januari 2020 .Video ini beredar di media sosial Facebook ,Instagram ,Twiter dll .Namun setelah ditelusuri ternyata video tersebut adalah video kejadian pada 1 Januari 2020 lalu .Inget gaees jangan menyebar info sebelum di cek ya ,Saring sebelum Share 🙏🙏🙏 #hoax #hoaks #sukajaya #kabbogor #bogor #beritahoax #medsos #jabar," tulis @warung_jurnalis.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang tersebar pada grup-grup WhatsApp memang benar adanya. Namun, kejadiannya bukanlah pada hari ini, melainkan pada Rabu, 1 Januari 2020.

Selain itu, tempat kejadiannya juga bukan di Cigudeg, Bogor, tetapi di aliran Sungai Ci Durian yang melalui Kecamatan Curug Bitung dan Kecamatan Maja.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Let's block ads! (Why?)



"viral" - Google Berita
January 06, 2020 at 07:46PM
https://ift.tt/39Kd067

[Cek Fakta] Video Viral Longsor Hari Ini di Cigudeg Ternyata Hoaks - Liputan6.com
"viral" - Google Berita
https://ift.tt/31KOwoV

Bagikan Berita Ini

0 Response to "[Cek Fakta] Video Viral Longsor Hari Ini di Cigudeg Ternyata Hoaks - Liputan6.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.