Search

Viral 'Air Susu' dari Sumur Bor di Gowa, Ini Penjelasan Pakar - detikNews

Gowa -

Air sumur bor di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), viral di media sosial (medsos) karena warnanya yang putih bersih seperti susu. Air yang ditampung ke dalam bak ini dijadikan tempat mandi oleh anak-anak setempat.

Seorang pakar geologi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr Eng Adi Maulana, mengatakan air putih seperti susu itu terjadi karena faktor karena kontur tanah atau bebatuan di dalam tanah berbentuk lempung atau material tanah yang sangat halus sehingga menyatu dengan air.

"Jadi setelah melihat karakteristik lapangan, material-material lempung yang lapuk di bawah tanah itu masuk ke dalam akuifer atau sumber air dalam tanah, kemudian bersama-sama air tersebut keluar ke atas permukaan kemudian menampilkan warna seperti itu (putih seperti susu)," ujar Adi kepada detikcom, Kamis (12/3/2020).

Peristiwa tergabungnya air dengan lempung, kata Adi, biasanya terjadi karena air yang mengalir di dalam tanah melewati tanah atau juga bebatuan yang mengalami pelapukan.

"Terjadi semacam suspensi. Jadi air di dalam tanah itu melewati material bebatuan yang mengalami proses pelapukan. Akhirnya dia jadi gampang bergabung dengan air," kata Adi.

Viral 'Air Susu' dari Sumur Bor di Gowa, Ini Penjelasan PakarFoto: Air sumur bor di Sulsel berwarna putih seperti susu. (Istimewa)

"Jadi lempung tanahnya itu berwarna putih abu-abu, jadi karena dilewati air, dia akan bercampur," imbuhnya.

Let's block ads! (Why?)



"viral" - Google Berita
March 12, 2020 at 02:21PM
https://ift.tt/2vkta6Q

Viral 'Air Susu' dari Sumur Bor di Gowa, Ini Penjelasan Pakar - detikNews
"viral" - Google Berita
https://ift.tt/31KOwoV

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral 'Air Susu' dari Sumur Bor di Gowa, Ini Penjelasan Pakar - detikNews"

Post a Comment


Powered by Blogger.