Search

Viral Biaya TK Mahal, Begini Cara Mendidik Anak Menurut Islam - detikNews

Jakarta - Pekan lalu viral di Media Sosial tentang mahalnya biaya masuk sekolah Taman Kanak-kanak. Tak hanya biaya masuk, uang SPP dan kegiatan tahunanpun tak bisa dibilang murah. Seperti apa cara mendidik anak menurut Islam?

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Al Hakim bersabda, "Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik."

Berikut ini cara mendidik anak menurut Islam:

Ajarkan Tauhid sejak Dini

Sejak dini anak harus diajarkan tentang tauhid, tentang keesaaan Allah SWT. Pendidikan ini penting agar anak terhindar dari perilaku syirik dan menyekutukan Allah. Sebagaimana Allah berfirman dalam Surah Luqman ayat 13 berikut ini:

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

"Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika ia memberi pelajaran kepadanya, 'Wahai anakku! Janganlah engkau memperskutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar."

Ajarkan Sholat

Sholat adalah amalan yang pertama kali akan dihisab oleh Allah SWT di akhirat. Sehingga Rasulullah sangat menyuruh orang tua memerintahkan anak sholat sejak usia 7 tahun. Seperti sabda Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan dalam hadits Abu Daud berikut ini:

مُـرُوْا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّـلاَةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِيْنَ، وَاضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ، وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ.

"Suruhlah anak kalian shalat ketika berumur 7 tahun, dan kalau sudah berusia 10 tahun meninggal-kan shalat, maka pukullah ia. Dan pisahkanlah tempat tidurnya (antara anak laki-laki dan anak wanita)."

Didik Anak dengan Lemah Lembut

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mencontohkan agar dalam mendidik anak dengan lemah lembut, bukan dengan bersikap kasar atau keras. Dikisahkan dalam hadits riwayat Ahmad, Rasulullah pernah sholatnya, ketika akan sujud, sang cucu yakni Al-Hasan, - anak dari 'Ali-, melompat-lompat di atas punggung dan tengkuk beliau.

Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengangkat kepalanya dengan pelan agar tidak mengejutkannya. Beliau melakukan ini tidak hanya sekali. Ketika shalat telah usai, para shahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, kami melihat sesuatu yang Engkau lakukan kepada Al-Hasan yang sebelumnya belum pernah kami lihat".

Rasulullah menjawab, "Sesugguhnya dia adalah penyejuk hatiku di dunia. Sesungguhnya cucuku ini merupakan seorang pemimpin. Aku berharap kepada Allah Ta'ala agar memperbaiki dua kubu kaum muslimin melaluinya.

3. Sering Mencium Anak

Diriwayatkan dari Abu Hurairah

قَبَّلَ النَّبِىّ صلى الله عليه وسلم الْحَسَنَ بْنَ عَلِىٍّ ، وَعِنْدَهُ الأقْرَعُ بْنُ حَابِسٍ التَّمِيمِىُّ جَالِسًا ، فَقَالَ الأقْرَعُ : إِنَّ لِى عَشَرَةً مِنَ الْوَلَدِ مَا قَبَّلْتُ مِنْهُمْ أَحَدًا ، فَنَظَرَ إِلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم، ثُمَّ قَالَ : مَنْ لا يَرْحَمُ لا يُرْحَمُ

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mencium Al-Hasan bin 'Ali, dan di sisi Nabi ada Al-Aqro' bin Haabis At-Tamimiy yang sedang duduk. Maka Al-Aqro' berkata, "Aku punya 10 orang anak, tidak seorangpun dari mereka yang pernah kucium". Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallampun melihat kepada Al-'Aqro' lalu beliau berkata, "Barangsiapa yang tidak merahmati/menyayangi maka ia tidak akan dirahmati" (HR Al-Bukhari no 5997 dan Muslim no 2318)

3. Menghargai Hak Anak

Rasulullah sangat menghargai hak anak, Sahl bin Sa'ad meriwayatkan bahwa disajikan kepada Rasulullah segelas minuman, lalu beliau meminumnya, sedang disebelah kanan beliau terdapat seorang anak dan disebelah kirinya terdapat orang tua. Sesudah minum, beliau bertanya kepada si anak, "Apakah engkau setuju bila aku memberi minum mereka terlebih dahulu?" Ia menjawab, "Tidak, demi Allah, aku tidak akan memberikan bagianku darimu." Rasulullah pun menyerahkan wadah itu ke tangannya.

4. Berlaku Adil Terhadap Anak

Ada orang tua yang memiliki banyak anak, namun tanpa sadar bersikap pilih kasih terhadap anak yang satu dengan yang lain. Padahal hal tersebut bisa menimbulkan rasa iri di hati sang anak.

Nu'man bin Basyir pernah datang kepada Rasulullah lalu berkata, "Sungguh, aku telah memberikan sesuatu kepada anak laki-lakiku yang dari Amarah binti Rawwahah, lalu Amarah menyuruhku untuk menghadap kepadamu agar engkau menyaksikannya, ya Rasulullah."

Rasulullah bertanya, "Apakah engkau juga memberikan hal yang sama kepada anak-anakmu yang lain?"

Ia menjawab, "Tidak." Rasulullah bersabda, "Bertakwalah kamu kepada Allah dan berlaku adillah kamu diantara anak-anakmu."

Begitulah cara mendidik anak menurut Islam yang bisa dijadikan panduan bagi ayah dan bunda dalam menentukan metode pendidikan untuk si buah hati.

Nikmati artikel-artikel konten Islami Hikmah lainnya di sini.

(nwy/erd)

Let's block ads! (Why?)



"viral" - Google Berita
December 18, 2019 at 06:00AM
https://ift.tt/2r6R0AS

Viral Biaya TK Mahal, Begini Cara Mendidik Anak Menurut Islam - detikNews
"viral" - Google Berita
https://ift.tt/31KOwoV

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral Biaya TK Mahal, Begini Cara Mendidik Anak Menurut Islam - detikNews"

Post a Comment


Powered by Blogger.